Jenis Sapi Potong di Indonesia

Posted by Rrttrt on Saturday, November 3, 2012

Indonesia memiliki beberapa jenis sapi yang merupakan jenis sapi asli maupun jenis sapi import dengan keunggulan masing-masing. Diantaranya adalah:

1. Black Angus, di luar negeri terutama Australia sapi ini dikenal memiliki kualitas daging yang sangat baik dan harga yang lebih tinggi dibandingkan daging dari sapi jenis lainnya. Di Indonesia jenis yang dapat ditemui adalah Brangus (Brahman Angus) yang dikembangkan oleh peternakan Tapos.




2. Brahman, merupakan sapi zebu (Bos Indicus) asal India yang tahan terhadap gigitan serangga & caplak, mampu beradaptasi dengan cuaca tropis & bisa beradaptasi dengan pakan kualitas rendah. Sapi jenis ini kemudian dikawinkan dengan sapi jenis Bos Taurus asal Eropa agar sapi Eropa yang memiliki bobot lebih besar & kenaikan berat bdan lebih cepat bisa di kembangkan di daerah tropis. NTT merupakan lumbung sapi jenis ini yang didatangkan langsung dari negara asalnya dan saat ini dikenal sebagai Sumba Ongole.

3. Limousine, merupakan sapi Bos Taurus asal Eropa yang memiliki peningkatan berat badan harian (ADG ~ Average Daily Gain) mencapai 2 kg/hari dengan berat total yang dapat mencapai 1.2 ton. Sapi kualitas terbaik dengan mudah dapat ditemui di Jawa Timur & Jawa Tengah.


4. Simental, sapi jenis ini merupakan idola dikalangan peternak karena seperti limousine jenis ini memiliki ADG mencapai 2 kg/hari bahkan ada peternak yang mengaku bisa mencapai 3 kg/hari dengan berat total mencapai 1.4 ton.




Selain ke 4 jenis sapi yg ditampilkan diatas, masih ada jenis sapi lokal yang menjadi idola di kalangan pemotong yaitu sapi Bali (Bos Sondaicus) yang merupakan sapi hasil domestifikasi selama berabad-abad dari banteng liar. Memiliki keunggulan berupa persentase karkas yang tinggi mencapai 60% dan memiliki kualitas daging yang bagus dan disukai pembuat bakso.



Masih ada pula jenis lain seperti sapi Aceh, sapi Madura & sapi Kupang yang memiliki perawakan jauh lebih kecil dibanding sapi potong jenis lain. dan sapi pesisir yang banyak terdapat di daerah pesisir sumatera barat

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
http://www.blogpingtool.com